Tips Menghadapi UAS dan UTS ala Gue

Udah lumayan lama nih gak posting di blog, serasa udah beberapa bulan gitu dehh (LEBAYY), gue baru aja selesai UTS jadinya agak sibuk belajar niihh (ampuunn dah, ngeboongnya gak kira-kira). Alhamdulillah yah (ala syahroni *ehh) semua berjalan sesuai dengan skenario gue UTSnya. Ternyata memang benar mitos “POSISI MENENTUKAN PRESTASI” dan gue udah ngalaminnya, sekian lama UTS biasanya duduk depan mulu. Ternyata duduk belakang itu ajiib banget men, serasa IPK 4 udah di tangan (LEBAYY ).

Mau celingak celinguk kanan kiri itu asik serasa gak ada yang ngawasin, dan mau minta jawaban juga enak sama teman-teman alias NYONTEK ! Hahaha (DON’T TRY THIS AT HOME !!!). Gue sebenarnya gak suka nyontek sih (PEMBELAAN !!) Cuma kadang keadaan yang maksa gue untuk nyontek,( ada aja deh alasannya) lupa belajar lahh, bahan UTS gak ada lahh, dan masih banyak lagi alasan yang lain yang lebih masuk akal. Tapi nyontek itu gak segampang yang diucapin lohh, karna untuk pemula kayak gue gini (Ampuun dahhh, bukannya udah pro -..-) nyontek itu sangat menyeramkan, baru aja dosen pengawas bergerak , jantung udah rasa dag dig dug dan tangan gemeteran megangin contekan yang di dapat dari temen. Tetapi bagi yang udah PRO alias profesional, nyontek itu gampang men, di depan dosen aja dia bisa dengan mudah nyontek, tetapi ini sangat sulit untuk dilakukan. Butuh keahlian dan skill tinggi untuk mempraktekannya (sekali lagi DON’T TRY THIS AT HOME !!!). 

Gue punya tips-tips bagi elo yang baru pertama ngalamin UTS ataupun UAS :
1.       Jangan gemeteran, tegang, sampe ujung-ujungnya lo kehilangan konsentrasi dan berimbas nilai lo jelek, mending nilai lo jelek kalo lo sampe kebelet boker pas tengah ujian karna tegang gimana ?? maluuu men, udah malu, nilai jelek. Jangan tegang pokoknya, stay cool sampe lo beku kedinginan juga gak papa asal JANGAN TEGANG !! (Mulai kerass nih muka gue !!)

2.       Jangan salting (SALAH TINGKAH) pas liat soal, kayak ketemu cewek aja sampe salting. Bersikap normal aja men, santay aja ngadepin soalnya meskipun lo gak tau jawabannya.

3.       Ngerjain soalnya santai asal selesai, jangan terburu-buru buat nyelesaikan soalnya men (men mulu, lama-lama men beneran nihh). Jangan liat temen udah duluan lo juga pengen keluar tapi lo belum jawab satu soal pun, tunggu sampe udah gak ada harapan dapet jawaban dari temen lo baru lo kumpulin.

4.       Tunggu sampe detik-detik terakhir, detik-detik terakhir saat mau ngumpulin adalah waktu krusial banget, jadi lo bisa manfaatin buat tanya-tanya temen jawabannya. Pada saat ini temen-temen lo pada ramai ngumpulin ke depan meja dosen, jadi pandangan dosen terhalang saat ini lah peluang lo untuk nyontek.

5.       Belajar dan mempersiapkan taktik (udah kayak mau maen bola aje nih), taktik disini sangat berperan buat bantu menjawab ujian lo nanti, jadi lo belajar aja biarpun masuk telinga kanan keluar telinga kanan juga gak papa yang penting lo ada baca dan taktiknya lo buat contekan kecil lahh, masa udah mahasiswa gak tau contekan kecil :D
Salah satu cara menyontek dengan catatan kecil :D

6.       Bertemanlah dengan yang pinter, ini hanya berlaku bagi ujian aja, jadi lo deketin aja tu yang pinter-pinter, lo suruh dia duduk deket lo, jadi lo bisa dikit-dikit nyontek dia. Sebagai imbalannya lo traktir deh dia kalo lo baik hati karna dia udah berjasa nolongin lo :D
Manfaatin temen yang pinter :D

7.       Kalo lo gak bisa menerapkan 6 metode di atas, tenang gue punya jurus pamungkas untuk menghadapi UTS/UAS (Jiaaahh, kenapa gak dari tadi aja). Kalo daritadi mah gak pamungkas namanya :D Jurus terakhir ini yaitu DO’A. Yak Cuma itu gak ada cara laen lagi, berharap aja kali-kali lo dapat keberuntungan dan ilham untuk menjawab soal-soal yang diberikan sama dosen karna ada tulisan nakal dari salah satu pembuat baju terkenal di pesbuk yaitu NILAI SKRIPSI/TA/UAS/UTS/UAN/ULUM/.... ADA DI TANGAN DOSEN TUHAN.

Sekian postingan gue kali ini, mau lo anggap serius juga boleh gak juga gak papa, karna gue Cuma mau menghibur aja kok, silahkan komeng aja di bawah yaa ntar Insya Allah gue sambung lagi :D

3 komentar: